Rabu, 15 Juni 2016

Hardware Komputer



Hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen dari komputer yang dapat dilihat langsung secara fisik. Perangkat keras berfungsi untuk menjalankan program di dalam komputer. Setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda. Komponen dasar hardware yang harus ada di dalam komputer adalah perangkat masukan, perangkat pemrosesan, dan perangkat keluaran. “Hardware adalah alat elektronik sebuah komputer yang bekerja menerima input, memproses input, menyimpan data dan menyediakan output dalam bentuk informasi” (Robert H Blissmer, 1985).

Pengguna komputer menggunakan perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Perangkat masukan berfungsi untuk memasukan data ke dalam komputer. Perangkat yang umumnya ada pada komputer yaitu mouse dan keyboard. Keyboard memberi masukan melalui tombol-tombol perintah dan mouse menggerakan berfungsi kursor. Selanjutnya, perangkat pemrosesan bekerja memproses data dan perintah yang telah dimasukan sebelumnya. Di dalam sebuah komputer terdapat perangkat pemrosesan yang disebut CPU. CPU mengatur seluruh proses kerja dari hardware dan software di dalam komputer. Selain itu, CPU diatur oleh processor yang merupakan otak sebuah komputer dan juga RAM (Random Access Memory) sebagai media peyimpanan.

Setelah perintah selesai diproses, maka hasilnya akan ditampilkan oleh perangkat keluaran (output). Perangkat keluaran digunakan untuk melihat dan menampilkan sebuah informasi. Contoh perangkat keluaran seperti monitor, speaker, dan printer. Monitor adalah layar dari sebuah komputer yang menampilkan informasi. Speaker adalah alat yang menampilkan output berupa suara. Printer adalah alat yang bertugas mencetak output dari komputer ke dalam bentuk kertas. Seluruh komponen di dalam hardware memiliki fungsi masing-masing, tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu menghasilkan sebuah informasi.

Daftar Pustaka

·         Belajar Komputer.2014.Pengertian Hardware Komputer Lengkap. Websitekomputer.com

·         Muhammad Sundara.2015.Pengertian Komputer Menurut Beberapa Para Ahli.Teknologikita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar