Minggu, 19 Juni 2016

Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis



Teknologi informasi merupakan salah satu unsur penting dari sebuah komputer. Melalui adanya komputer, teknologi informasi dapat berkembang dengan cepat pada saat ini. Teknologi informasi yang berkembang kemudian dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk membuat bisnis semakin maju. Penerapan teknologi informasi di dalam bisnis mempermudah para pengusaha melakukan urusan bisnis seperti, jual – beli dan transaksi pembayaran. Proses jual – beli dilakukan dengan menggunakan aplikasi penjualan online. Sedangkan transaksi pembayaran dapat dilakukan melalui e-Payment atau e-Banking. Selain menggunakan aplikasi penjualan online untuk proses jual – beli, para pengusaha juga sering memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan berbagai produk. Promosi dilakukan dalam bisnis agar produk dari pengusaha dapat dikenal oleh para konsumen.

Selain dari teknologi informasi, komputer juga secara langsung membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis. Salah satu bisnis yang memanfaatkan komputer bergerak di bidang manufaktur atau pabrik. Komputer di dalam pabrik terpasang pada alat – alat bersistem digital. Di dalam pabrik, pengusaha menggunakan alat – alat tersebut untuk mengolah bahan – bahan produksi. Bahan – bahan yang diproduksi adalah bahan mentah kemudian diolah menjadi bahan siap pakai. Proses produksi menggunakan alat – alat pabrik dapat mengurangi biaya produksi. Pengeluaran biaya produksi dapat dikurangi karena tidak memerlukan banyak pegawai untuk mengolah bahan produksi.

Di sisi lain, komputer mempercepat penyampaian informasi di dalam bisnis menjadi semakin luas. Salah satu penyampaian informasi di dalam komputer adalah melalui pembuatan website. Website yang telah dibuat, dapat digunakan oleh pengusaha untuk menampilkan informasi tentang bisnis. Informasi di dalam website dapat berupa informasi produk, keterangan barang, harga, promosi, dan berbagai informasi penting. Pembuatan informasi di dalam website bertujuan agar konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh pengusaha. “Dengan adanya informasi di dalam website, maka akan membuat biaya promosi berkurang, kemudian harga barang dan jasa menjadi lebih murah” (Perdana, 2015).

Pada setiap urusan bisnis, dibutuhkan manajemen waktu yang tepat. Manajemen waktu diatur agar penyelesaian urusan bisnis dapat diselesaikan secara efektif. Sebagai contoh, manajemen waktu dapat dilakukan dalam hal rapat atau pertemuan secara jarak jauh. Pertemuan biasa dilakukan antara para pengusaha dengan memanfaatkan fitur Video Live Meeting dari ponsel pintar. Ponsel pintar yang memiliki fitur tersebut, dapat membantu para pengusaha mengadakan pertemuan dimana saja, tanpa perlu menghabiskan waktu perjalanan menuju ke tempat pertemuan. Keuntungan dari penggunaan fitur Video Live Meeting adalah dapat menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perjalanan. Pemanfaatan fitur dari ponsel pintar tersebut adalah bagian dari perkembangan teknologi informasi di dalam bisnis yang semakin luas. “Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih merupakan bagian integral dari semua lapangan bisnis. Tak ada satupun di dalam dunia bisnis yang tidak terpengaruh terhadap pengaruh teknologi informasi” (Condro, 2015).


Daftar Pustaka

Perdana, Adiguna C. 2015. 3 Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Era Bisnis. http://www.halomoney.co.id/. diunduh-tanggal-21/06/2016

Condro, Wicaksono Tri. 2015. Pengaruh Teknologi Terhadap Bisnis Online. http://wicaksono.permataindonesia.ac.id/. diunduh-tanggal-21/06/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar