Minggu, 01 Mei 2016

Review Captain America Civil War









CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR REVIEW

Halo Bro-Sis, senang berjumpa lagi untuk membagikan tulisan saya hari ini. Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, saya akan memberikan ulasan dari saya mengenai film Captain America Civil War ini. Akhirnya, penantian panjang selama kurang lebih 6 bulan melalui trailer-trailer dan beritanya terjawab sudah selama durasi 147 menit saya menonton. Film produksi Marvel Studio ini merupakan bagian dari alur film yang disebut Marvel Cinematic Universe (MCU). Para penggemar Komik dan Tokoh Superhero akan sangat puas dan terkesan setelah menonton film ini. Adegan laga yang disajikan pun sangat seru dan sesuai dengan ekspektasi para penggemar. Kedua kubu, yakni Team Cap & Team Iron Man  juga menunjukan pertarungan yang sengit. Film ini pun menjadi salah satu film terbaik Marvel Studio.

ALUR CERITA (SEBAB-AKIBAT)

Pembukaan film dimulai dengan sebuah alur peristiwa yang dimulai pada tahun 1991. Ketika itu di sebuah fasilitas ditengah gunung salju di Soviet, seorang dokter bedah dan agen-agen nya sedang memprogram seorang untuk menjadi seorang pembunuh yaitu Winter Soldier. Dokter dan orang2nya itu yang tidak lain adalah Hydra  memberikan sebuah misi kepada Bucky Barnes/Winter Soldier (Teman Lama Cap) untuk membunuh seseorang. Pada bulan November 1991, Bucky pun melakukan aksi pembunuhan dengan mengendarai motor lalu membunuh orang yang ada di dalam sebuah mobil. Bucky menembak pengendara mobil itu hingga tewas.
Alur cerita pun berlanjut ke masa sekarang. Captain America dan anggota avengers baru yang dibentuknya (Black Widow, Wanda, dan Falcon) sedang melakukan sebuah misi di sebuah kota di Nigeria. Mereka memantau dan berusaha menghentikan sebuah pasukan yang dipimpin oleh Crossbone (villain) yang mencuri senjata kimia penghancur di sebuah gedung. Crossbones berhasil mencuri bahan senjata tersebut dan kabur. Tetapi tim Avenger berhasil menangkap satu per satu pasukan kecuali Crossbone. Crossbone melakukan perlawanan sengit terhadap Captain america. Setelah menyerah, crossbones mencoba meledakan diri menggunakan bom yang dicurinya. Bom yang meledak berhasil ditahan oleh Wanda menggunakan ilusinya. Wanda melemparkan Crossbone dan pemicu bomnya ke atas untuk menghindari korban, tetapi malah menghancurkan sebuah gedung panti jompo dan menimbulkan banyak korban jiwa. Dia pun terlihat sangat menyesal.
Sementara itu Tony Stark (Iron Man) sedang memperkenalkan sebuah teknologi baru di M.I.T. Teknologi tersebut seperti teknologi perekam alur waktu yang dapat dijelajahi pengguna melalui sebuah room reality (ruangan nyata). Dalam presentasinya itu, terlihat adegan Tony Stark bersama keluarganya sedang berbincang pada masa lalu sebelum kepergian orang tuanya. Tony memberikan beasiswa penuh kepada semua orang melalui kerjasamanya dengan sebuah yayasan. Setelah selesai presentasi, Tony keluar ke belakang panggung dan bertemu seorang perempuan. Perempuan tersebut menyalahkan tindakan Tony bersama tim Avengers karena aksi mereka di Sokovia (Avengers age of ultron) telah membuat anaknya terbunuh. Tony pun merasa sangat bersalah atas kejadian itu.
Setelah dua kejadian itu, Tony bersama General Ross selaku menteri pertahanan mendatangi Avengers Mansion untuk menemui Cap, dkk. General Ross pun mewakili PBB menyampaikan sebuah pemberitahuan tentang aksi2 tim avengers yang bertentangan dan berakibat banyak korban. Ia pun meminta tim avengers menandatangani sebuah perjanjian yang mewajibkan setiap anggota avengers melakukan aksi dibawah pengawasan pemerintah. Perjanjian tersebut yaitu “Sokovia Accords”.  Mereka pun meminta waktu kepada General Ross untuk mendiskusikan hal ini. Tony Stark, Vision, & Rhodey setuju untuk menandatanganinya. Sementara Wanda masih gelisah akibat perbuatan yang telah dibuatnya. Cap tidak setuju dan membujuk Wanda untuk tidak menandatanganinya karena akan berakibat fatal bagi tim avengers. Ditengah diskusi, Cap mendapat sebuah SMS, yang mengatakan Agent Carter telah tiada. Cap, Falcon dan Widow pun ke London untuk menghadiri ibadah pemakaman Agent Carter di sebuah Gereja.
Setelah itu, Widow mewakili tim avengers untuk menghadiri  Konferensi PBB untuk meresmikan Sokovia Accords di Wina. Acara itu juga dihadiri King T’Chaka (Raja Wakanda) dan anaknya T’chala (Black Panther) sebagai pengawal pribadinya. Ketika acara dimulai saat King T’chaka membuka sambutannya, tiba2 T’chala melihat sebuah keanehan dibawah gedung. Dia pun meminta semua untuk menunduk, tapi sayangnya sebuah bom meledakan gedung tersebut dan menyebabkan ayahnya, King T’Chaka tewas. Dari siaran cctv mengungkapkan pelakunya adalah Bucky. Sejak saat itu T’Chala/BlackPanther sedih dan berjanji untuk membunuh Bucky yang telah membunuh ayahnya.
Dari kejadian tersebut dapat dilihat bahwa, T’chala ingin membunuh bucky. Tapi Cap berhasil menemui Bucky untuk melindunginya. Sementara Tony terus memburu Cap untuk menyertujui perjanjian tersebut. Itulah penyebab dari mulainya konflik di film ini.

PERKENALAN VILLAIN / MUSUH UTAMA

Villain pertama adalah Crossbone yang telah diperkenalkan melalui aksinya di adegan awal. Sementara Villain Utamanya sendiri adalah Baron Zemo. Perkenalan Zemo dimulai ketika dirinya mengunjungi sebuah rumah agen hydra. Kemudian dia membunuh sang agen untuk mendapatkan sebuah informasi mengenai misi Winter Soldier pada tahun 1991. Kemudian dia mencari Bucky untuk mengetahui informasi tersebut lebih lanjut. Dia menyamar menjadi Bucky lalu melakukan teror bom di Konfrensi PBB, Wina. Lantas itu memancing Pasukan khusus Jerman untuk menangkap Bucky, lalu Zemo membunuh dokter yang akan menginterogasi Bucky di penjara. Ia berhasil dan mengganti dokter tersebut untuk menginterogasikan Bucky. Dia mengucapkan kata2 yang telah diprogram agar Bucky menjadi pembunuh. Bucky pun berhasil meloloskan diri dari penjara. Tetapi untuk saat ini saya masih bingung dengan tujuan villain yang ingin mengetahui informasi tersebut. Apakah dia ingin membunuh Cap? Atau punya sebuah dendam terhadap Bucky? Mungkin karena film ini lebih berfokus pada konflik 2 kubu, sehingga ambisi villain disini kurang terekspose.

PERKENALAN SPIDER-MAN

Spider man diperkenalkan ketika Peter Parker baru saja pulang sekolah. Ia kembali ke apartemen bibi nya dan kemudian terkejut ketika bibi nya sedang berbincang dengan Tony Stark. Peter kaget dan kemudian Tony mengatakan ingin membantunya lewat beasiswa. Tony pun mengajak Peter berbicara empat mata di kamar Peter. Dia mengungkapkan bahwa dia tahu identitas lain Peter yaitu sebagai Spider Man. Dengan beberapa Jokes kecil ala Marvel, mereka berbincang seru. Ujung-ujungnya Tony pun mengajak Peter ke Jerman untuk membantunya menangkap tim captain.

PERTARUNGAN DUA KUBU

Pertarungan puncak kedua kubu terjadi di sebuah bandara di Jerman. Penyebab terjadinya pertempuran disini karena Cap dan Bucky ingin mengambil sebuah pesawat dan berangkat ke fasilitas pembuatan winter soldier di Russia. Cap, Bucky, dan Falcon meminta bantuan kawan2 mereka untuk membantu jika tim Iron Man datang. Maka Hawkeye pun menjemput Wanda, meskipun mendapat perlawanan sengit dari Vision. Dia juga menculik Scott lang/Ant-Man untuk diperkenalkan kepada Cap. Tim Cap pun berkumpul. Ketika Cap masuk ke belakang bandara, dia melihat sebuah peswat yang bisa digunakan. Tapi tiba2 serangan Iron Man menghancurkan Pesawat tersebut. Cap lalu dihadang oleh tim Iron man, dan Spider-man mengikat tangannya dengan jaring lalu mencuri tamengnya. Hawkeye dengan panahnya berhasil memutuskan Jaring yang mengikat tangan Cap. Sementara Spidey berhasil melihat Falcon & Bucky di Bandara lalu mengalahkan keduanya. Setelah itu tim Cap berhasil lolos dan berlari bersama, sayangnya Vision membuat garis pembatas dengan lazernya yang menghentikan tim Cap. Mereka berhenti, dan kedua Kubu pun saling berhadapan. Pertempuran seru pun dimulai. Mulai dari pertempuran dengan lawan yang sepadan hingga pertempuran yang random. Di tengah pertempuran yang menegangkan pun masih saja ada lelucon/jokes kecil ala Marvel. Hahaha.

EASTER EGGS / FITUR 

Redwing. Redwing menjadi sebuah alat/persenjataan baru yang membantu Falcon ketika
Menjalankan aksinya. Pada komik Redwing merupakan burung peliharaan Falcon, sedangkan di film ini bentuknya berupa Drone merah. Fungsi Redwing di Komik & film sama, yakni menjadi senjata untuk membantu serangan, tetapi versi Drone memiliki kemampuan lebih seperti Radar dan Pendeteksi musuh.

2.       Bleeding Edge Armor. Armor ini merupakan senjata respulsor tangan Iron man yang berbentuk jam tangan. Tony menggunakan nya saat menembak Bucky yang mencoba kabur dari penjara di Jerman.

3.       GiAnt-man. Yupp, ini jadi salah satu yang diduga dan ditunggu oleh para penggemar. Dengan kostum barunya di film ini, Ant-man bukan hanya bisa mengecil ketika bertarung. Tubuh nya pun berubah menjadi bentuk raksasa ketika menaikan ukuran tubuh pada navigasi layar kostum barunya. Dengan kostum ini, Ant-man sempat merepotkan Iron man & War Machine

4.       Penyebab jatuhnya War Machine/Rhodey. Seperti yang kita ketahui melalui Trailer film ini, Rhodey jatuh dari udara dan menyebabkan dirinya pingsan. Selain itu di trailer memperlihatkan bahwa Bucky yang menembaknya hingga jatuh. Namun jawaban sesungguhnya sudah terjawab di film. Vision lah yang disuruh oleh Iron Man untuk menembak Falcon, namun Falcon berhasil menghindar dan Lasernya Vision mengenai Rhodey di depannya. Tembakan itu mematikan semua mesin Rhodey hingga dia terjatuh.

5.       The Raft. Ini adalah penjara tersembunyi yang ada dibawah laut. Penjara ini muncul ke permukaan ketika Tony datang mendarat dengan helikopternya. Di komik, penjara ini merupakan penjara bagi para penjahat super. Di film ini, kita dapat melihat Hawkeye, Wanda, Ant-man, dan Falcon ditangkap dan dipenjarakan disini setelah aksi pemberontakan mereka membantu Cap. Tony datang untuk menanyakan kepada Falcon kemana perginya Cap & Bucky. Di akhir film, Tony mendapat kabar bahwa Cap & Bucky telah membobol penjara ini untuk membebaskan teman2 mereka. 

6.       Black Widow membelot. Ketika Cap dan Bucky masuk ke hannggar pesawat Quinjet tiba2 Black Widow menghadang mereka. Tetapi bukannya menyerang, malahan Widow menyerang Black Panther yang mencoba menyerang Cap & Bucky dari belakang. Secara langsung pun Widow berpindah kubu dengan mendukung Cap, dan berhasil membuat Cap dan Bucky kabur menggunakan Quinjet.

7.       IronMan New Armor. Seperti biasanya di setiap film Marvel, Iron Man selalu menampilkan Armor baru. Tidak tahu juga nama armor ini atau mark ke berapa, tapi ada satu fitur spesial dari armor ini. Saat Tony keluar dari The Raft dia pun memutuskan untuk mengejar Cap & Bucky. Dia hanya memasukan jarinya ke sebuah lubang di kotak di dalam helikopternya dan armor nya pun otomatis merubah dirinya menjadi Iron man dan terjun secara otomatis keluar helikopternya. Ini jadi salah satu armor baru yang keren.

8.       Karakter Pendukung. Pada film ini terdapat karakter pendukung seperti; Sharon  Carter/Agent13, General Ross, Aunt May, dan Everett Ross. Sharon adalah teman dekat Cap yang merupakan keponakan dari Peggy Carter (Kekasih lama Cap) dan Peggy meninggal di film ini. Sharon membantu Cap dan tim nya untuk mengembalikan kostum mereka. Everett Ross adalah Komandan misi PBB yang menjadi atasan Sharon. Dia yang memerintahkan pasukan khusun Jerman menangkap Bucky & Cap. General Ross adalah Jendral yang pernah muncul di film Incridible Hulk. Tapi di film ini dia telah menjadi Menteri Pertahanan dan meminta avengers menandatangani perjanjian. Dan terakhir adalah Aunt May, yang tidak lain adalah Bibi dari Peter Parker/Spidey. Di film ini dia terlihat masih muda dan dikagumi oleh Tony stark. Alasan Bibi May lebih muda di film ini dibandingkan di film spiderman lain karena pemeran Peter Parker nya pun masih muda. Itulah beberapa karakter pendukung.

PENAMPILAN / CAMEO STAN LEE

Stan Lee adalah pencipta hampir semua tokoh2 superhero di komik Marvel. Jadi pada setiap film Marvel apapun, pasti akan menampilkan adegan dirinya menjadi seseorang seperti; penjaga museum, dj, wartawan, veteran  dan sebagainya. Dia sendiri telah berumur 93 tahun. Di film ini dia menjadi seorang pengantar surat yang sudah tua pada akhir film. Dia mengantar surat dari Cap kepada Tony. Saat dia mengantar surat dia mengetuk pintu avenger mansion dan berkata “apakah benar disini ada yang bernama Tony Stank?”. Kesalahan mengucap Stark menjadi Stank pun membuat Rhodey dan Tony tertawa. Semua penonton pun tertawa terbahak-bahak. Ini jadi Cameo terkocak dari Stan Lee. 

PENJELASAN TENTANG POST CREDIT DAN END CREDIT

‘Post Credit’ dan ‘End Credit’ adalah ciri khas film2 Marvel berupa adegan tambahan untuk menggambarkan petunjuk dan memberi referensi untuk lanjutan filmnya atau film baru yang menjadi lanjutan film tersebut. Post Credit muncul setelah nama2 pemeran utama selesai ditampilkan hingga muncul logo film. End Credit muncul setelah roll credit nama2 kru dan pendukung film selesai (paling akhir scene).

POST CREDIT

Post Credit film ini memperlihatkan adegan Bucky  yang lengannya sedang disembuhkan oleh seorang dokter di Wakanda, karena dihancurkan IronMan sebelumnya. lalu Cap dan BlackPanther/T’Chala sedang mengobrol dan T’chala berjanji untuk melindungi Cap & Bucky. Lalu Bucky pun meminta dirinya dimasukan ke tabung cyrogenic untuk ditidurkan kembali.  Setelah itu screen mengarah ke patung Black Panther raksasa di Wakanda. Ini menjadi petunjuk penting dan referensi untuk film Black Panther (2017) tahun depan.

END CREDIT

Pada End Credit memperlihatkan Peter Parker / SpiderMan yang kembali pulang ke apartemen Bibinya. Bibinya pun menanyakan apakah dia baik2 saja. Dan Peter menjawab bahwa dia baik2 saja dengan sedikit menyembunyikan sesuatu di tangannya. Ketiak Bibinya keluar kamar, dia pun memainkan jam tangan barunya yang diberikan Tony Stark. Jam tangan itu memilik fitur baru yakni ‘Spider Signal’ yang berupa cahaya merah dipancarkan ke udara. Signal ini untuk memperingatkan musuh2nya sebelum melawan dia. Kemudian screen ditutup dengan tulisan “Spider man will return”. Jelas ini menjadi awal yang bagus untuk film spiderman baru tahun 2017 yang akan berjudul “Spiderman:Homecoming”. Film favorit masa kecil saya akan segera kembali.

Pendapat Saya Terhadap Film

Saya sangat senang karena film ini menghadirkan banyak Superhero MCU, terutama favorit saya seperti Iron Man, Captain America, dan Spiderman. Konflik yang terbangun disini sungguh rapi dan alurnya disajikan sesuai dampak dari film sebelumnya. Cap juga menunjukan kharisma nya sebagai Tokoh utama yang tetap tenang dalam menghadapi  konflik. Penyebab munculnya accords juga disajikan dengan sangat masuk akal. Hanya saja, konflik yang terbangun karena accords tersebut tidak terlalu besar, karena konflik sesungguhnya terfokus pada pembelaan masalah Bucky. Konflik karena accords tersebut secara tidak langsung pun terlupakan. Pemerintah/Dewan pun tidak melakukan tindak lanjut terhadap accords tersebut. Akhir film ini pun anti klimaks karena tidak ada yang menang dari kedua kubu dan seakan yang terlihat hanya tujuan Cap yang berhasil melindungi Bucky. Setelah itu semua kembali seperti biasa. Secara keseluruhan, ini adalah film terbaik. Namun ada beberapa ekspektasi dari saya yang mungkin batal muncul di film ini seperti, Peranan SHIELD dalam menanggapi accords dan juga peran Auctioner di film ini. Selain itu, saya mengharapkan post & end credit yang memberi referensi ke film Doctor Strange atau Guardians of the Galaxy Vol.2 .Film ini pun menimbulkan pertannyaan di benak saya, bahwa apakah Steve Roger akan kembali menjadi Captain America di film2 Marvel & Avengers?. Saya masih mengharapakan dia kembali.

Demikianlah Tulisan saya mengenai film Captain America Civil War
Terima Kasih telah membaca.

2 komentar: