Kamis, 21 April 2016

Software Komputer



Software merupakan salah satu komponen utama di dalam komputer .Software adalah sebuah perangkat lunak di dalam komputer untuk mengontrol perangkat keras. Software seperti data yang diprogram dan disimpan dalam bentuk aplikasi. Fungsi software yaitu untuk menjalankan program dan menghubungkan hardware dengan pengguna. Software berbeda dengan hardware yang dapat dilihat dan dipegang wujudnya. Software hanya dapat dioperasikan melalui komputer. Karena itu, komponen software sangat penting untuk menjalankan perintah di dalam komputer. 

Software terbagi atas sistem operasi, jenis – jenis software, dan program. Sistem operasi menjadi software yang bertugas mengatur jalannya program komputer. Contoh sistem operasi seperti Windows, Linux, Macintosh dan Unix. Selain itu, terdapat jenis – jenis software seperti freeware, shareware, firmware, commercial software dan malware. Freeware adalah software yang tidak memiliki hak cipta dan dapat digunakan tanpa batasan waktu. Shareware adalah aplikasi uji coba untuk para pengguna yang dibatasi pemakaiannya. Firmware adalah aplikasi yang hanya dapat disimpan di dalam ROM (Read Only Memory) dan tidak dapat diubah. Commercial Software adalah software berbayar yang dibuat bagi pengguna untuk tujuan komersil. Malware adalah software perusak yang dibuat untuk menyusup dan merusak sistem komputer.

Software juga terdiri dari berbagai program. Program ini merupakan aplikasi – aplikasi pendukung yang ada di dalam komputer. Contoh programnya seperti mozila firefox, winamp, anti virus, tools dan sebagainya. Program lainnya berupa aplikasi – aplikasi pengolahan. Aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, word star, dan word perfect. Aplikasi pengolah angka seperti microsoft excel, lotus, dan quattro pro. Aplikasi pengolah data seperti microsoft access, dbase, dan foxpro. Aplikasi pengolah citra seperti coreldraw, adobe photoshop, 3D studio. Semua aplikasi tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan pengguna. Dengan demikian, software memiliki peranan besar bagi komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar