Kamis, 12 Januari 2017

Class Algoritma Buku Alamat

Algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis.  Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membangun berbagai macam software yang digunakan pada perangkat komputer. Penerapan sistem algoritma dalam pembuatan software biasanya dilakukan melalui beberapa jenis bahasa pemrograman seperti bahasa pemrograman C, bahasa pemrograman C#, dan bahasa pemrograman Visual Basic.Tanpa algoritma yang tepat, susunan sintax atau pun baris – baris kode bahasa pemrograman yang telah dibuat tidak akan ada artinya sama sekali.

Nah, disini saya akan membahas sebuah algoritma buku alamat, Diketahui sebuah kasus tentang sebuah buku alamat. Buku alamat ini dalam kacamata program memiliki 1 kelas dengan nama buku Alamat, dengan 5 buah atribut dan 4 buah method yang tergambar dalam class diagram berikut :  


Atribut Buku Alamat
>> ID: string
>> Nama: string
>> Alamat: string
>> No Telp: string
>> Email: string
 

 Keterangan :
  • ID, yaitu indeks buku alamat
  • Nama, yaitu nama lengkap perseorangan
  • Alamat, yaitu alamat lengkap perseorangan
  • No Telp, yaitu nomor telepon pribadi
  • Email, yaitu alamat email pribadi

Method Buku Alamat
>> inputData()
>> hapusData(id)
>> tampilkanData()
>> updateData(id)
 

Keterangan :
  • inputData, untuk memasukan data
  • hapusData, untuk menghapus data yang dipilih
  • tampilkanData, untuk menampilkan data yang dipilih
  • updateData, untuk memperbaharui data yang sudah ada 

Algoritma pada proses kerja buku alamat :

  1. Pertama, pengguna akan disajikan 5 pilihan menu pada program, yakni: (1) Input data, (2) Tampilkan data, (3) Update data, (4) Hapus data, (5) Keluar program.
  2. Pengguna memasukkan pilihan menu program.
  3. Jika pengguna memilih menu (1), maka akan diminta untuk memasukan data nama, alamat, no telp, email, kemudian data  tersebut disimpan. Setelah itu ditampilkan kembali daftar menu program pada layar.
  4. Jika pengguna memilih menu (2), maka pada layar akan ditampilkan seluruh data yang tersimpan. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada laya.
  5. Jika pengguna memilih menu(3), maka pengguna akan diminta input id data yang akan dilakukan update atau perubahan. Lalu layar akan menampilkan data dengan id yang diinput oleh pengguna. Pengguna akan ditanya, “Apakah Anda yakin ingin melakukan update data ini? [y/t]”. Lalu ada input pilihan, y (ya) atau t (tidak). Jika input y, maka user diminta untuk memilih atribut yang akan diupdate, dengan pilihan (a) nama, (b) alamat, (c) telp, (d) email, (e) semua data. Untuk input pilihan menu :
    • Jika pengguna memilih (a), maka akan diminta input nama baru.
    • Jika pengguna memilih (b), maka akan diminta input alamat baru.
    • Jika pengguna memilih (c), maka akan diminta input telp baru.
    • Jika pengguna memilih (d), maka akan diminta input email baru.
    • Jika pengguna memilih (e), maka akan diminta input nama, alamat, telp, dan email baru.
Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar.
  1. Jika pengguna memilih menu (4), maka yang diminta adalah masukan id dari data yang akan dihapus. Lalu layar akan menampilkan data dengan id tersebut. Lalu pengguna akan ditanya, “Apakah Anda yakin ingin menghapus data ini? [y/t]”.  Jika user input y, maka data dengan id tersebut akan dihapus. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar.
  2. Jika user memilih menu (5), maka user akan keluar dari program.
  3. Selesai

Demikianlah Penjelasan tentang Class dan Algoritma pada Buku alamat
Sekian & Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar